Nama   : Julian Dini NPM   : 13115622 Kelas   : 3KA06 TUGAS PAPER SOFTSKILL PENG. TEKNOLOGI SISTEM CERDAS #             Iya ,...

Apakah bisa membuat mesin menjadi Cerdas ?

21.38 Julian28 0 Comments

Nama   : Julian Dini
NPM   : 13115622
Kelas   : 3KA06

TUGAS PAPER SOFTSKILL
PENG. TEKNOLOGI SISTEM CERDAS #

            Iya ,Menurut bisa , karna mesin akan selalu berkembang dan semakin dikembangkan oleh manusia. seperti contohnya pada jaman dulu hingga saat ini  masih banyak universitas/sekolah tinggi, kantor, perusahan , pemerintah dll yang masih menggunakan absensi manual,  dimana absensi manual dapat  menyebabkan  kesalahan  –  kesalahan  baik  secara sengaja maupun tidak disengaja. Lalu dibangunlah suatu sistem untuk presensi menggunakan pengenalan wajah dapat diimplementasikan dengan menggunakan kamera digital atau webcam sebagai media scanning wajah, kemudian dibandingkan dengan citra wajah sebelumnya yang telah disimpan pada basis data, penelitian untuk mendeteksi wajah-pun dilakukan dengan menggabungkan feature and color-based method untuk mendapatkan kinerja tinggi dan hasil kecepatan tinggi. Keuntungan dari metode ini adalah rasio deteksi yang tinggi dan dapat menangani wajah dengan latar belakang yang kompleks.
Setelah saya membaca dan memahami paper yang membahas tentang “Sistem Presensi Menggunakan Algoritme Eigenface dengan Deteksi Aksesoris dan Ekspresi Wajah”, metode eigenface ini membuat suatu pola wajah berdasarkan kelompok wajah dari berbagai mimik atau bahkan orientasi kepala pada masing-masing individu, sehingga akan mengurangi kesalahan dalam tahap pengenalan wajah, dengan tingkat keberhasilan sistem presensi ditunjukkan oleh sensitivitas sebesar 73,33%, kekhususan 52,17%, dan akurasi 86,67%. Tingkat keberhasilan proses identifikasi juga ditunjukkan dengan pengujian jarak sebesar 70% terhadap jarak 50cm dan 100cm. Tingkat keberhasilan proses identifikasi menggunakan aksesoris kacamata dan kerudung adalah sebesar 85%, sedangkan tingkat keberhasilan proses identifikasi dengan berbagai ekspresi (normal, senyum, sedih, terkejut, dan berkedip) sebesar 85,33%. dan pada akhirnya sistem inipun dirancang  agar  dapat memudahkan atau meminimalisir para user/instansi terkait dari kesalahan – kesalahan baik  secara  sengaja  maupun  tidak  disengaja.
Tetapi kita tidak bisa membuat mesin lebih cerdas dari manusia , karna semua informasi, data dan teori yang ada pada mesin semua itu di dapat dan kembangkan oleh manusia , jadi walaupun sepintar apapun mesin tanpa ada nya sikap kreatif, inovatif dan bahkan ide-ide rasionalisme yang dimiliki pada manusia ,mesin tidak akan memiliki cerdas.

Referensi :

0 Comments:

:) TOLONG BERIKAN KRITIK , PENDAPAT & SARAN ANDA PADA KOLOM KOMENTAR :d
TERIMA KASIH :))