Sistem Informasi adalah jurusan yang pada dasarnya masih berkaitan dengan informatika. Bisa dikatakan bahwa sistem informasi merupakan ...

Seberapa penting nya BAHASA INGGRIS pada Jurusan Sistem Informasi ?

21.27 Julian28 0 Comments




Sistem Informasi adalah jurusan yang pada dasarnya masih berkaitan dengan informatika. Bisa dikatakan bahwa sistem informasi merupakan salah satu aplikasi dari Teknik Informatika. Jika menurut Wikipedia, Sistem Informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi yaitu: operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak, dan data. Sistem Informasi Manajemen adalah kunci dari bidang yang menekankan finansial dan personal manajemen. ‘Sistem Informasi’ dapat berupa gabungan dari beberapa elemen teknologi berbasis komputer yang saling berinteraksi dan bekerja sama berdasarkan suatu prosedur kerja (aturan kerja) yang telah ditetapkan, dimana memproses dan mengolah data menjadi suatu bentuk informasi yang dapat digunakan dalam mendukung keputusan.


Seberapa penting nya BAHASA INGGRIS pada Jurusan Sistem Informasi ?


Penting , Karna bahasa inggris sudah menjadi bahasa yang mendunia (universal) baik dalam teknologi, pendidikan, politik dan sebagainya, sehingga sudah menjadi bahasa umum perdagangan yang digunakan di seluruh dunia. Bahasa ini dipelajari dan diucapkan secara internasional oleh banyak orang. Selama bertahun-tahun, para ilmuwan dari berbagai belahan dunia telah menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama komunikasi.
Sistem informasi pelajari bebagai macam matakuliah dengan menjurus ke Bisnis, Akutansi, Analisis, Digital Forensics, Internet of things dan Pemrograman sehingga sebagaian besar dari seluruh matakuliah yang ada di sistem informasi diharuskan memiliki kemampuan bahasa inggris. Ketika komputer awal-awal diciptakan, AS adalah pasar terbesar untuk perangkat ini sebelum negara-negara lain bergabung. sehingga Pada awal perkembangan sebagian besar negara berbahasa Inggris seperti AS, Inggris, dan Kanada trus mengembangkan ilmu komputer sebelumnya Negara lain mulai fokus pada subjek ini beberapa tahun kemudian.
Bahasa pemrograman dikembangkan dari ajaran ilmu komputer teoritis awal yang dilakukan dalam bahasa Inggris. Misalnya di AS, sumber daya besar digunakan hanya untuk penelitian dan pengembangan ilmu komputer. Dari kegiatan semacam itu beberapa bahasa pemrograman seperti pemrograman C, C++, cobol pascal, java  muncul. Bahasa Inggris pun kompatibel dengan kode karakter 6-Bit, Bahasa Inggris terbuat dari set karakter Romawi yang sangat sederhana dan tanpa tanda aksen. Fitur ini menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa yang sempurna untuk representasi kode karakter 6-bit yang digunakan dalam bahasa pemrograman utama. Pengidentifikasi dalam bahasa pemrograman lama seperti COBOL, FORTRAN, dan SQL sangat tidak peka huruf besar-kecil. Mereka lebih memperhatikan tanda baca dan karakter daripada huruf besar dan huruf kecil. Ini adalah hal-hal yang dapat dengan mudah dimanipulasi dalam bahasa Inggris.
Dampak yang AS miliki di era komputer bisa dirasakan saat ini. Misalnya berapa startup teknologi terbesar dan paling sukses di dunia yang berasal dari AS. Menurut statistik dari Forbes, 14 dari 25 perusahaan teknologi terbesar berasal dari AS. Ini menunjukkan tingkat perhatian yang diberikan kepada bahasa pemrograman di negara ini, menjadi pelopor dalam sebagian besar bahasa pemrograman awal.
Sehingga ketika seorang mahasiswa jurusan Sistem informasi lulus dan menentukan karier nya, sebagaian besar kemampuan yang dimiliki nya pun berhubungan dengan bahasa inggris seperti System Analysis and Design yang digunakan dalam sistem yang disebut SAP, applied database dalam Oracle, Business Intelligence yang berfokus pada pengolahan data seperti data mining, text mining, datawarehouse, Strategic Information System dan E-business yang mempelajari bagaimana membuat website dengan interaksi semenarikk mungkin sehigga cocok untuk mereka yang ingin masuk di dunia Startup seperti marketplace, e-learning, e-governance.

0 Comments:

:) TOLONG BERIKAN KRITIK , PENDAPAT & SARAN ANDA PADA KOLOM KOMENTAR :d
TERIMA KASIH :))