Apa itu SEO, SEM, SMM dan SMO !
Apa itu SEO, SEM, SMM dan SMO !
Internet telah dipandang sebagai prospek menjanjikan oleh semua kalangan pebisnis, mulai dari sektor kecil, menengah hingga besar. Demi dongkrak penjualan dan memperoleh banyak konsumen baru, mereka pun rela merogoh kocek untuk membangun sebuah website atraktif. Akan tetapi itu baru sebuah awal tanpa sentuhan ajaib, sehingga butuh perpaduan racikan sempurna antara SEO, SEM, SMM dan SMO. Mari kenali lebih dalam mengenai pengertian dasar dan manfaat utama bagi sebuah website.
Sebuah website terasa “hambar” tanpa
diberi bumbu SEO, SEM, SMM dan SMO. Empat elemen tersebut memegang
peranan penting dalam penentuan peringkat pada mesin pencari (search
engine) serta memberi nilai tambah bagi pengguna internet. Jika tidak
ingin buang-buang uang membangun website keren mentereng, sebaiknya
mengenal pengertian dasar dari SEO, SEM, SMM dan SMO.
Apa itu SEO !
SEO singkatan kata dari Search Engine
Optimization, yakni sebuah proses atau kampanye untuk mendorong
peringkat sebuah website pada hasil penelusuran mesin pencari, entah itu
metode alami maupun berbayar. Kampanye SEO bakal berjalan mulus jika
website menganut beragam elemen yang “disukai” oleh mesin pencari.
Selain itu perlu ditopang dengan ketepatan pemilihan kata kunci
(keyword) yang minim pesaing.
Memenangi SEO perlu menaklukkan dua area
dasar untuk mendorong peringkat di hasil penelusuran, yakni on-page dan
off-page. Optimasi on-page terpusat pada beragam elemen website yang
menyokong sebuah laman web seperti gambar, konten tekstual dan kode
HTML. Sedangkan optimasi off-page terpusat pada penyebaran lebih banyak
backlink, yakni tautan (link) menuju website yang sedang dioptimasi.
Selain on-page dan off-page, ada tiga
metode SEO yang berpengaruh pada peringkat hasil penelusuran mesin
pencari yaitu: white hat, black hat dan gray hat. Jika ingin website
lebih disukai oleh Google dan sejenisnya, pilih white hat ketimbang
black hat. Namun sebagian perusahaan jasa SEO justru menawarkan metode
gray hat dimana harganya lebih terjangkau ketimbang white hat.
Bagi CB, SEO terbaik adalah Konten Berkualitas (Quality Content) dengan dukungan Template Blog SEO Friendly, User Friendly, dan Responsive.
Apa itu SEM !
SEM singkatan kata dari Search Engine
Marketing adalah tipe internet marketing yang berhubungan dengan riset,
submit dan posisi dari sebuah website pada hasil penelusuran mesin
pencari demi meningkatkan jumlah pengunjung, entah itu alami atau
berbayar. SEM bukan sekedar SEO biasa melainkan turut mengusung beragam
elemen penting untuk memperoleh trafik lebih banyak, yakni riset kata
kunci, analisis kompetitif, posting berbayar (paid listings) dan
sejumlah layanan dari mesin pencari.
“Penggunaan iklan online pada halaman hasil mesin pencari untuk membantu pengunjung menemukan website Anda. SEM sering menggunakan sistem pay-per-click (PPC), dimana si pengiklan hanya akan dikenakan biaya ketika seseorang mengklik iklan mereka (juga disebut sebagai cost-per-click, atau CPC).” – Online marketing vocabulary, Learn with Google.
SEM punya jangkauan lebih luas ketimbang
SEO. Jika tujuan utama SEO memperoleh hasil penelusuran lebih baik di
mesin pencari, maka SEM bertujuan memperoleh pengunjung tertarget dari
mesin pencari melalui iklan berbentuk link pada hasil penelusuran selain
pencarian alami untuk memperoleh pengunjung tertarget menuju website.
Apa itu SMM !
SMM singkatan kata dari Social Media
Marketing merupakan sebuah metode gratisan atau berbayar untuk
memperoleh trafik tertarget menuju website dengan mengandalkan Facebook,
Twitter ,LinkedIn, Pinterest, YouTube, Google+ dan jaringan sosial
media lainnya. Bisa dikatakan bahwa SMM merupakan upaya dongkrak “nilai
jual” sebuah website melalui sosial media, entah itu gratisan atau
berbayar via pemasangan iklan.
SMM terbagi menjadi dua area dasar yakni
Social Media Optimization (SMO) dan Social Media Advertising (SMA).
Tujuan utama SMO yaitu meningkatkan jumlah trafik tertarget menuju
website melalui aktivitas sosial di dunia maya seperti blogging, tulis
update status di sosial media, terlibat diskusi grup, sosial
bookmarking, viral, manajemen reputasi online, polling atau rating
pengguna, feedback, tombol sharing dan penggunaan situs berbagi foto dan
video.
Sedangkan tujuan utama SMA yaitu
meningkatkan jumlah trafik tertarget sebuah website melalui layanan
iklan dari jaringan sosial media. Metode ini mewajibkan pemilik website
membayar layanan agar iklan promosi muncul di laman sosial media seluruh
pengguna demi dongkrak “nilai jual” dan pengikut (follower).
Apa itu SMO !
SMO singkatan kata dari Social Media
Optimization, yakni sebuah metode meningkatkan jumlah trafik tertarget
menuju website via aktivitas sosial media. SMO bisa dikatakan sebagai
proses meningkatkan kesadaran pengguna internet terhadap produk, merek
atau promosi event via layanan sosial media beserta komunitas untuk
publisitas secara viral.
SMO melibatkan penggunaan RSS feed,
situs bookmarking, sosial media, situs blogging dan sharing video/photo.
Secara garis besar SMO serupa SEO, yakni bertujuan menggiring trafik
menuju website. Akan tetapi metode ini merupakan bagian tak terpisahkan
dari Social Media Marketing.
Manfaat SEO, SEM, SMM & SMO !
Tujuan utama pebisnis membangun sebuah
website adalah untuk meningkatkan angka penjualan sekaligus mendekatkan
diri kepada konsumen. Akan tetapi hal ini akan berjalan sia-sia jika
tidak melakukan optimasi SEO, SEM, SMM dan SMO. Ada banyak manfaat yang
akan diperoleh setelah melakukan optimasi SEO, SEM, SMM dan SMO
sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.
1. Trafik kunjungan
SEO, SEM, SMM dan SMO bertujuan
meningkatkan jumlah trafik kunjungan dari pengguna internet tertarget,
mulai dari mesin pencari hingga sosial media. Empat metode tersebut jauh
lebih efektif dan hemat biaya ketimbang email marketing. Dengan
penerapan strategi yang tepat, website mungkin saja dibanjiri banyak
pengunjung.
2. Peringkat website
Jika ingin website lebih ramah mesin
pencari, maka metode SEO, SEM, SMM dan SMO sangat diperlukan. Peringkat
website pada hasil penelusuran untuk kata kunci tertentu semakin
terdongkrak naik, bahkan kemungkinan besar berada di urutan teratas
apabila semua diterapkan sempurna.
3. Cepat populer
Cara tercepat menarik perhatian pengguna
internet agar mau berkunjung ke website melalui SEO, SEM, SMM dan SMO.
Biaya jauh lebih terjangkau dan efektif ketimbang promosi offline via
media cetak atau email marketing. Dampak positif pada website bisa
dirasakan lebih cepat, meski tergantung dari konten, kata kunci beserta
kebiasaan pengguna internet.
4. Kemudahan analisis
SEO, SEM, SMM dan SMO memungkinkan
pemilik website menganalisis serta melacak kebiasaan pengunjung sehingga
berpotensi memaksimalkan kata kunci. Dengan demikian pemilik bisa
mengetahui langkah dan strategi yang akan diambil karena lebih banyak
memperoleh data akurat.
5. Brand awareness
Tujuan utama SEO, SEM, SMM dan SMO tak
sekedar meningkatkan trafik kunjungan, tetapi mendongkrak brand
awareness atau kesadaran merek di mata pengguna internet. Semakin tinggi
posisi website di mesin pencari atau sosial media, maka lebih banyak
kunjungan pengguna internet menuju website. Hal ini turut mempengaruhi
angka penjualan.
6. Promosi efektif
Menguasai metode SEO, SEM, SMM dan SMO
mempermudah website dalam mempromosikan produk, konten, press release
atau informasi penting yang perlu diketahui oleh konsumen secepat
mungkin. Kombinasi empat metode tersebut sangat kuat sehingga
berpengaruh besar dalam promosi efektif nan murah.
Seberapa penting SEO, SEM, SMM & SMO?
Jika anda ingin fokus membangun trafik
kunjungan dan mendongkrak angka penjualan, maka SEO, SEM, SMM & SMO
wajib diterapkan. Jangan hanya terpaku pada satu elemen saja yang
cenderung monoton. Trafik dari pengunjung tertarget tak hanya datang
dari mesin pencari, namun berasal langsung dari sosial media. Mencicipi
empat elemen tersebut mungkin menguras biaya besar, tetapi jauh lebih
efektif dan murah ketimbang metode lain, betul tidak?
Referensi :
https://www.google.com/
https://id.wikipedia.org/wiki/SEO
http://www.contohblog.com/2016/02/Pengertian-SEO-SEM-SMO-SMM.html
https://www.seon.co.id/apa-itu-seo-sem-smm-smo/
http://www.mindreachconsulting.co.id/apa-itu-seo-sem-smm-smo/
Referensi :
https://www.google.com/
https://id.wikipedia.org/wiki/SEO
http://www.contohblog.com/2016/02/Pengertian-SEO-SEM-SMO-SMM.html
https://www.seon.co.id/apa-itu-seo-sem-smm-smo/
http://www.mindreachconsulting.co.id/apa-itu-seo-sem-smm-smo/
0 Comments:
:) TOLONG BERIKAN KRITIK , PENDAPAT & SARAN ANDA PADA KOLOM KOMENTAR :d
TERIMA KASIH :))